Tips Membuat Power Point yang Menarik dengan Mudah

Tips membuat power point yang menarik sangat dibutuhkan agar presentasi berjalan dengan lancar. Bukan saja materi presentasi yang penting untuk diperhatikan, tapi desain power point juga harus Anda perhatikan. Desain yang terlihat menarik dan indah, pasti akan menambah kesan profesionalitas Anda dalam bekerja, baik itu bekerja sebagai karyawan atau pelajar.

Selain itu, desain power point juga penting untuk memikat hati audiens. Desain yang tidak menarik pasti akan membuat audiens merasa bosan dan akhirnya Anda tidak akan didengarkan. Berbeda jika Anda bisa membuat power point dengan menarik ditambah dengan penampilan Anda dalam menjelaskan sangat baik dan percaya diri, maka presentasi akan berhasil.

Memanfaatkan Slide Master

Fitur Slide Master tidak hanya bisa membuat desain power point semakin menarik, tapi juga bisa menghemat waktu. Dengan fitur ini, Anda bisa menjaga konsistensi setiap elemen pada slide, seperti warna background slide, gaya tulisan, gambar, dan lainnya. Anda pun tidak perlu melakukan penyuntingan slide satu per satu karena Slide Master akan membuat slide menjadi seragam dari awal.

Tata Letak pada Power Point Designer

tips membuat power point

tips membuat power point

Anda bisa memanfaatkan fitur baru dari Microsoft Power Point, yaitu PowerPoint Designer sebagai tips membuat power point. Dengan fitur ini, Anda bisa membuat tampilan tata letak tulisan dan gambar yang sangat menarik sehingga jauh dari kesan membosankan. Fitur ini akan muncul secara otomatis saat Anda memasukkan gambar pada slide.

Menyesuaikan Ukuran Slide

Setelah membuat Microsoft Power Point, Anda biasanya akan menemukan slide berukuran 4:3. Tanpa tahu cara mengaturnya, Anda pasti langsung menggunakannya untuk membuat slide. Akan tetapi, ternyata Anda bisa mengatur ukuran slide sesuai dengan kebutuhan. Caranya, klik menu File > Page Setup, kemudian atur tinggi dan lebar slide yang dibutuhkan. Jika sudah klik Ok.

Memanfaatkan Fitur Morph

Tips membuat power point selanjutnya adalah memanfaatkan fitur Morph. Anda bisa menemukan fitur terbaru ini pada Microsoft Power Point 2016 ke atas. Dengan fitur ini, Anda bisa mengubah gambar, teks hingga bentuk 3D menjadi animasi. Hasil presentasi pun akan menjadi lebih menarik dan kesan profesional akan terlihat dari presentasi Anda.

Periksa Kesalahan dengan Aksesibilitas

Jika Anda menggunakan Microsoft Power Point 2016 ke atas, maka sudah bisa memanfaatkan fitur yang satu ini. Fitur ini akan membantu Anda untuk memeriksa apakah ada kesalahan pada presentasi sebelum akhirnya mengirim atau mencetak dokumen presentasi. Dengan fitur tersebut, Anda dapat menyunting kembali dokumen dan hasil presentasi pun menjadi lebih sempurna.

Membuat Kumpulan Foto di Power Point

tips membuat power point

tips membuat power point

Beberapa orang mungkin mengisi presentasi dengan banyak foto, misalnya arsitek, desainer, dan lain sebagainya. Anda bisa mengikuti tips membuat power point berikut ini. Anda harus membuat kumpulan foto di Power Point. Pertama, arahkan

kursor pada menu “Insert”, kemudian pilih “Image Group” untuk membuat album. Secara otomatis, semua foto yang terpilih akan masuk ke slide power point.

Berbagi Dokumen via Broadcast

Untuk menghemat kertas, Anda tidak perlu mencetak power point untuk diberikan kepada audiens. Anda bisa berbagi power point dalam bentuk video sehingga bisa ditonton oleh audiens dan orang lain. Untuk memanfaatkan fitur Broadcast, Anda harus klik file tab > save &send > save to web untuk meletakkan video pada website.

Bagaimana? Mudah bukan? Membuat power point yang menarik dan profesional ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Anda bisa memanfaatkan berbagai fitur baru yang ada pada Microsoft Power Point 2016 ke atas agar hasil kerja lebih profesional. Dengan begitu, tips membuat power point di atas bisa dilakukan dengan mudah.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *