Mengubah Warna Background Pas Foto dengan Microsoft Word

Mengubah warna background pas foto ternyata tidak hanya bisa dilakukan dengan software khusus desain, tapi Anda juga bisa memanfaatkan Microsoft Word yang ada di laptop atau PC. Biasanya, kita menggunakan Microsoft Word untuk mengerjakan laporan, membuat tabel, mengerjakan skripsi idnplay poker, dan lain sebagainya. Ternyata, Anda bisa menggunakannya untuk keperluan desain.

Memasukkan Foto yang Ingin Diedit

Pertama, buka Microsoft Word pada PC atau laptop Anda. Setelah itu, masuk pada tab insert dan klik pilihan opsi picture. Pilihlah pas foto yang ingin Anda ubah warna background-nya, lalu pilih insert. Langkah selanjutnya adalah klik gambar yang sudah muncul pada Microsoft Word. Kemudian, Anda akan menemukan tab “Format” di atas yang muncul.

mengubah warna background pas foto

mengubah warna background pas foto

Klik tab Format di atas dan pastikan Anda telah memosisikan foto dengan tepat sebelum mengubah warna background pas foto dilakukan. Klik opsi position kemudian klik Position in Top Center. Agar foto tetap berada di depan konten yang lain pada Microsoft Word, pilihlah opsi Bring Forward.

Menghapus Warna Background

Sekarang, Anda sudah siap menghapus warna background foto dengan klik opsi Remove Background pada tab format yang berada di pojok kiri atas. Kemudian, Word akan mewarnai background foto secara otomatis dengan warna magenta. Bagian yang diwarnai magenta itulah yang nantinya akan terhapus. Jadi, Anda tidak perlu mengeditnya secara manual.

Meskipun begitu, untuk bisa mengubah warna background pas foto dengan rapi, Anda bisa mengubah titik background agar lebih sesuai. Terkadang Microsoft Word kurang maksimal dalam menyeleksi background foto yang akan dihapus. Tapi, Anda tidak perlu khawatir karena ada dua tools yang disediakan Microsoft Word untuk merapikannya.

Merapikan Area yang Akan Dihapus

Apabila area yang terseleksi Word secara otomatis kurang maksimal, Anda bisa mengurusnya secara manual. Dua tools yang disediakan Word adalah “Mark Areas to Remove” dan “Mark Areas to Keep”. Ketika ada beberapa bagian yang belum terseleksi maka Anda bisa menggunakan Mark Areas to Remove.

Apabila bagian yang seharusnya tidak dihapus justru terseleksi, barulah Anda bisa menggunakan Mark Areas to Keep. Anda tinggal meng-klik bagian-bagian tersebut dan nantinya Word akan menyeleksinya secara otomatis sesuai dengan tone warna pada foto tersebut. Apabila tone warna foto sama, maka Word akan memperlakukan perintah yang sama.

Memberi Warna Background pada Foto

mengubah warna background pas foto

mengubah warna background pas foto

Langkah selanjutnya dalam mengubah warna background pas foto adalah memberi warna. Setelah warna background dihapus, maka Anda juga bisa menambahkan warna baru sebagai background foto tersebut. Kemudian, pilih Insert > Shape > Rectangle. Arahkan Rectangle pada lembar kerja, tepatnya pada foto yang sedang Anda edit. Sesuaikan ukuran Rectangle tersebut dengan ukuran foto.

Jika ukuran sudah sesuai, Anda tinggal memilih warna yang diinginkan melalui Shape Styles dan pilih warna tersebut. Langkah terakhir adalah menyatukan foto dengan background tersebut agar menjadi sebuah pas foto yang utuh. Anda bisa menyimpan foto itu dalam format gambar, seperti JPG.

Menyimpan Hasil Edit di Microsoft Word

Klik foto, kemudian tekan Ctrl pada keyboard sambil mengarahkan kursor pada shape background sampai kursor berubah menjadi tanda “+”, lalu klik opsi Group. Setelah itu, klik kanan foto dan pilih Save as Picture, lalu Anda bisa memilih ingin menyimpannya dalam bentuk JPG atau PNG, kemudian Save.

Tidak sulit bukan? Microsoft Word ternyata memiliki fungsi lain selain digunakan sebagai lembar kerja suatu dokumen, laporan, tabel, chart, dan lain sebagainya. Jadi, mengubah warna background pas foto tidak perlu menggunakan software desain, tapi cukup dengan Word.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *