Ingin Menonaktifkan Pembaruan Microsoft Office 2016? Inilah Caranya

Ingin menonaktifkan pembaruan Microsoft Office 2016? Pada umumnya, Microsoft akan selalu melakukan pembaruan atau update dengan sendirinya, bahkan melibatkan semua produk software. Beberapa pembaruan dilakukan secara otomatis, tapi sebagian pembaruan juga membutuhkan izin. Selain itu, ada juga pembaruan software yang menyediakan opsi, seperti menonaktifkan update.

Sebenarnya, pembaruan memang penting dilakukan pada software untuk meningkatkan kinerja, memperbaiki celah keamanan, dan penambahan fitur baru. Tak terkecuali pada Microsoft Office, mulai dari Microsoft Word, Excel, PowerPoint dan lain sebagainya. Microsoft Office menyediakan opsi untuk menonaktifkan update jika memang dibutuhkan, meski opsi ini sebenarnya tidak direkomendasikan untuk dilakukan.

Melakukan pembaruan atau update terhadap Microsoft Office mungkin akan memberikan banyak manfaat, tapi ada beberapa situasi yang membuat kita harus menunda atau bahkan menonaktifkan update-nya. Beberapa alasannya karena adanya berita bahwa versi terbaru justru memiliki lebih banyak kelemahan. Untuk menonaktifkan pembaruan Microsoft Office 2016, kita bisa melakukan beberapa cara yang akan kita bahas kali ini.

Gunakan Fitur Microsoft Office

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah memanfaatkan fitur yang ada pada Microsoft itu sendiri. Dari sekian banyaknya program dari Microsoft Office package, kita bisa memilih salah satunya, mulai dari Microsoft Excel, Word hingga Power Point, sesuai kebutuhan. Apapun pilihannya, kita tetap bisa melanjutkan cara menonaktifkan pembaruan ini. Jadi, kita bisa memilih sendiri aplikasi yang ingin digunakan.

Misalnya saja kita menggunakan Microsoft Word, maka klik menu File > pilih Account pada Product Information > klik Update Option (1), setelah itu pilih Disable Updates (2). Dengan cara yang mudah tersebut, kita sudah bisa menonaktifkan update Microfot Office. Jadi, apabila ada versi terbaru, pembaruan tidak akan terjadi karena kita sudah menonaktifkannya.

Gunakan Windows Settings

Apabila kita menggunakan Windows 10, kita bisa menonaktifkan pembaruan Microsoft Office melalui Windows Setting. Caranya sangat mudah, yaitu dengan menekan kombinasi tombol keyword Windows + I, maka jendela Windows Settings akan muncul pada layar. Dari windows tersebut, kita akan disuguhkan dengan beberapa pilihan pengaturan. Setelah itu, klik Update & Security.

Namun, Anda harus memastikan bahwa Anda sudah mencentang tab Windows Update dan klik tautan Advanced Option. Apabila ada jendela dialog yang muncul, Anda akan melihat kolom nilai toggle button. Pada “Give me updates for….”, ubah dari status On menjadi Off. Mudah, bukan?

Gunakan Software Pihak Ketiga

Jika Anda ingin menggunakan pihak ketiga untuk menonaktifkan pembaruan microsoft office, maka DoNotSpy dari pXc-coding bisa dijadikan pilihan. Software ini bisa digunakan pada Windows 10 secara gratis. Dengan begitu, Anda bisa melakukan pengaturan privasi, termasuk menonaktifkan update Microsoft Office. Software ini akan memudahkan Anda dalam mengatur berbagai aplikasi yang ada di laptop atau komputer, apakah ingin menonaktifkan update Microsoft Office atau tidak.

Pertama, Anda harus mengunduh software ini terlebih dahulu pada perangkat Anda, baik laptop atau PC. Setelah terunduh, instal dan buka software tersebut. Maka akan muncul jendela DoNotSpy pada layar dan beri tanda centang pada “Disable Windows Update…”, lalu klik Apply. Jika sudah selesai, Anda bisa klik tombol Exit untuk keluar dari software.

menonaktifkan pembaruan microsoft office

menonaktifkan pembaruan microsoft office

Bagaimana? Apakah Anda sudah paham atau masih bingung? Cara yang telah kita simak bersama ini sangatlah mudah dilakukan. Jadi, apabila Anda tidak menginginkan pembaruan terhadap Microsoft Office, maka bisa melakukan salah satu cara di atas. Anda bisa memilih cara yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan dalam menonaktifkan pembaruan Microsoft Office.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *